W E L C O M E

to a memoir of some sort
Follow Me

Tips Cari Kado Untuk Jenis Cewek Praktikal



By  johanna wattimena     10:33 AM    Labels: 


Gue bukan jenis orang yang mementingkan kado. Menurut gue, ngumpulin barang itu sangat mubazir. Sampai-sampai gue punya formula: barang penting harus muat dalam 2 koper. So, gue suka pesan untuk tidak usah memberi hadiah tiap kali ada acara spesial. Dari pada pas gue dapet, barangnya gue hibahkan. Kan sedih... dan kasian... dan nggak enak rasa.

Tapi, ada saat-saat tertentu dimana memberi hadiah itu penting. Especially kalau kamu adalah orang yang spesial dalam hidup si Cewek Praktikal ini. Nah, ini tips nyari kado untuk orang yang terlalu woles:

0. Sesuaikan dengan Acaranya

Ini seharusnya sudah nggak perlu dikasih tauin lagi. Ya, kalau-kalau...
Dalam semua situasi yang berhubungan dengan barang, cewek praktikal akan berpikir: "mau gue apain nih barang?" Jika jawabannya cuma, "buat dipajang," kamu lebih baik cari kado yang lain. Selalu pikirkan penerima hadiah tersebut. Jika ini adalah hadiah pindah negara demi kuliah, kasih dia sesuatu yang kecil yang ia bisa masukin ke dalam koper. Kasian kan kalau dia harus memangku teddy bear sebesar balita overweight dalam penerbangan 6 jam ke China... Mending yang itu dikirim aja.

Buka kado: mencoba tetap tersenyum.

1. Cari tau apa yang dia suka

Level ketertarikannya sama sesuatu akan berbanding lurus dengan keterbukaannya untuk menyimpan kadomu. Contoh; kalau dia suka menulis, kasih dia notebook yang bagus. Jika dia suka menonton drama korea, kasih dia USB spesial berisi drama-drama bagus yang belum dia tonton.

Tentunya, tips pertama ini membutuhkan banyak research. So, put in your time dan mulai perhatikan gerak-geriknya, atau teror teman baiknya.

2. Pikirkan Personalitynya

Cewek kamu pemalas, pesolek atau penghujat lapangan golf (cieh, aktifis air...)? Ini juga akan membantu mengecilkan scope pemilihan barang. Untuk cewek pemalas, mungkin kamu bisa memberikan hoodie atau pijama berbahan fleece yang super comfy. Kalau dia pesolek, berikan lipstick YSL yang manis dilihat dan manis dipakai. Kalau dia aktifis air, berikan dia botol minum dengan water filter yang lucu.

3. Cari tau sense of style-nya

Dengan 2 tips diatas, seharusnya kamu sudah tau barang apa yang akan kamu berikan. Misalnya kamu memilih untuk memberikan dia sebuah Tas. Nah, pikirkan jenis gaya-nya sehari-hari, dan gimana tas ini akan membantunya beraktifitas.




Jika dia modelan cewek sporty, berikan dia tas yang agak besar dan tahan air (tapi bukan gym bag, karena dia pasti sudah punya itu). Jika dia si tukang baca bergaya preppy, tas yang lebih berstruktur akan memastikan buku favoritnya tidak lecek. Jika dia si cewek punk, berikan tas kulit dengan detail studs. Atau kalau dia sejenis cewek-cewek jakarta selatan yang gemar memakai hotpants, flats Tory Burch dengan rambut Kerastase yang di blow berombak-ombak... kamu tau tas branded lah yang dia mau.

Ngerti, yah?

4. Nggak harus dibungkus

Khususnya buat cewek yang nggak suka ngumpulin barang, hadiah bukan berarti harus bisa dimasukan kedalam box, dibungkus dengan kertas warna-warni, dan di iket sama pita. Sepasang tiket konser, jalan-jalan memandang bintang dengan sebotol wine (atau sirop marjan, di bulan yang penuh amal ini), bahkan menyulap kios Ayam Bakar Gathari jadi romantis demi perayaan anniversary, bisa lebih dinikmatinya dari pada barang. So, coba pikirkan event spesial yang akan membuat pipinya memerah.

5. If all else fail

Gift cards. Yes. Kalau kamu sudah menyerah berikanlah ini. Cewek mana yang nggak suka belanja gratis? Walau ini bakal bikin hadiah kamu terasa kurang spesial, sudah lah... dari pada nggak ngasih, ya kan? Siap-siap aja dia ngambek.

Unless, kamu memberi gift card ini dengan secarik surat bertuliskan hal-hal indah, dan pengutaraan perasaan yang berkesan. Hampir semua cewek suka dengan hand written letter. Jadi, sejelek-jeleknya tulisan kamu, ini akan menaikan derajat gift cardmu. Malahan, sekalian aja jujur kalau kamu nggak tau hadiah apa yang akan dia sukai, dan offer waktu kamu untuk menemaninya belanja. Yakin, kamu akan selamat.


Memberi hadiah itu menunjukan tingkat perhatianmu sama dia. Lebih dari nilai barangnya, hati dibalik memberi lah yang akan terpancar lebih jelas.


So, I wish you the best of luck!

About johanna wattimena

An explorer driven by curiosity. This blog is one of the longest commitment she manage to keep.