Route 102: Business

hidup gue saat ini
Semua orang harus tau kalau Johanna tidak biasa diam-diam tanpa kerjaan. Kali ini, dia sudah bosan di distract sama video youtube, film-film bajakan dan anime tentang titan pemakan manusia. Suatu hari saat refleksi pagi, dia dapet sebuah ide untuk berbisnis.

Kalau kamu kenal gue, kamu bakal bilang "lo bisa bikin macem-macem bisinis sih, Jo. Production house, screenwriter's guild, graphic design agency, apa kek!" Tapi jujur, Route 101: Media, sudah bikin gue 100% lelah. Gue nggak tertarik ngelakuin yang beginian lagi. Gue sudah berkecimpung di dalam sana selama beberapa tahun, dan gue tau gue nggak mau ngelakuin itu seumur hidup.

Anyway, suatu pagi munculah sebuah ide bisnis yang cukup seru. Masalahnya, gue nggak punya background bisnis sama sekali. Gue pengen tau gimana caranya bikin business plan yang bener, cara bikin strategi bisnis dan jadi pengusaha legit.

Dari pada gue nge-google cara nulis business plan, mending gw ngambil kelas sekalian. Habis, di mata gue nge-google cara nulis business plan itu cuma bakal ngasih gue informasi yang cetek. Gue nggak bakal ngerti konteks dari ini itu, cara berfikir di balik rule-rule mereka, dan perspektif terbaik buat bisnis gue sendiri.

Maka dari itu, gue join website ini coursera.org buat ngambil kelas business analysis. Banyak kelas-kelas online gratis yang bereka tawarkan. Gue berharap, lewat ini gue bisa nambah value ke pilihan-pilihan bisnis (dan hidup) gw. Sejauh ini, lumayan seru. Gue ngerasa oke ngebaca (baru) 5 dari 30 halaman tentang stakeholder, profit maximization, company values and vocabulary baru lainnya.


Ini outline kelas pertama gueh. Sadis nggak sih?

Toh, kalau lo mandek artinya lo nggak bertumbuh. Dan hidup ini kan sebuah perjalanan... Jangan mau menggerutu karena macet. Lo harus terus cari spot buat berkembang dan ngembangin bakat yang udah Tuhan tarok di hidup lo. Jangan kaya tukang ojek marah sama tukang gojek. ;)

Semangat!

Lebih tepatnya gini, sih

Comments

Popular posts from this blog

I'm done being high and dry